Obat Herbal Alternatif Pengganti Obat Sirop Diduga Pemicu Gagal Ginjal Akut

  • Bagikan
Salah satu apotek di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan tidak melayani penjualan obat sirop

Obat Herbal Alternatif Pengganti Obat Sirop Diduga Pemicu Gagal Ginjal Akut

FAJAR.CO.ID — Tak perlu cemas setelah ada larangan konsumi obat sirup yang diduga memiliki kandungan zat berbahaya pemicu gagal ginjal akut. Masih banyak obat alami alternatif selain sirop seperti obat berbahan dasar herbal.

Selama ini, masyarakat mengenal dua jenis sirop untuk bayi usia dua tahun ke bawah yakni obat dan vitamin. Belakangan, polyethylene glycol, zat kimia pelarut dalam sirop diduga menghasilkan zat berbahaya.

Memang, sejauh ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) terlalu sigap membuat larangan penggunaan sirop pada anak. Hal itu dipicu meningkatnya gangguan ginjal akut misterius belakangan ini.

“Sebenarnya pemerintah terlalu cepat melarang, padahal belum diketahui pasti penyebab utamanya,” ujar Guru Besar Farmakologi Universitas Hasanuddin (Unhas), Prof Dr Gemini Alam MSi Apt, Kamis, 20 Oktober.

Belum ada hasil lebih lanjut dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Juga belum ada penelitian mendalam memastikan sirop ini penyebab gagal ginjal akut pada anak. Meski, memang sudah ada temuan sementara.

Meski begitu, alam sebenarnya menyediakan beragam alternatif. Gemini secara khusus memberi resep penggunaan obat herbal yang efektif menurunkan demam anak. Apalagi, sirop sebagai penurun demam sudah dilarang.

“Selama ini parasetamol yang ada di Indonesia aman. Tapi, jangan sampai ditemukan cemaran-cemaran etilen gikol (EG), yang mungkin saja bisa terjadi ketika propilen glikol yang digunakan untuk melarutkan parasetamol mengalami perubahan,” jelas Gemini.

Sebagai pengganti, orang tua bisa menggunakan alang-alang, sebagai salah satu alternatif. “Ini bisa dipakai untuk menurunkan demam, karena kan, parasetamol sirup (sirop) juga digunakan untuk menurunkan demam,” ujar guru besar Unhas ini.

Banyak kandungan dalam alang-alang dan banyak pula manfaatnya. “Salah satunya bersifat antipiretik (menurunkan panas). Seperti juga obat sirup yang diminum oleh anak ketika panas, fungsinya juga menurunkan demam, sama dengan efek alang-alang, menurunkan demam,” katanya.

Untuk menurunkan demam anak, bagian akar alang-alang paling efektif. Selain mengonsumsi herbal, bisa juga menggunakan obat luar (tidak dikonsumsi) yang mungkin bisa aplikasikan ke anggota luar tubuh.

“Minyak tawon bagus sekali untuk diaplikasikan sebagai minyak urut atau minyak pijat. Ini untuk merelaksasi otot hingga suhu badannya yang panas bisa turun,” urai Gemini.

Memijat anak dengan ramuan herbal juga bisa jadi pilihan sebagai obat penurun panas anak yang alami. Seperti campuran minyak telon, minyak kayu putih dan bawang, lalu dibalurkan ke tubuh sebagai minyak urut. (fajar)

  • Bagikan