FAJAR.CO.ID – Sistem pengereman kendaraan sangat vital bagi keselamatan pengendara. Bila rem cakram motor mengalami overheat atau panas berlebih, bisa berakibat fatal bagi keselamatan pengedara. Segera lakukan langkah antisipasi.
Pada prinsipnya, sistem pengereman pada kendaraan menggunakan prinsip gesekan. Sistem ini berfungsi untuk menghentikan laju atau mengurangi kecepatan sepeda motor. Secara umum, sistem pengereman kendaraan menggunakan dua jenis yakni, rem tromol (drum brake) dan rem cakram (disc brake).
Kedua sistem ini menggunakan prinsip gesekan yang tentu saja bisa menyebabkan panas. Apalagi jika kerja rem berat, seperti di jalanan menurun atau pengereman mendadak saat kecepatan tinggi, bisa menyebabkan overheat atau panas berlebih pada cakram.
Panas inilah yang dapat mempengaruhi kinerja rem. Maka dari itu komponen pengereman harus dalam keadaan prima dan dirawat secara berkala.
Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah & Yogyakarta), Johannes B.M.S menyarankan pemilik kendaraan untuk melakukan perawatan secara rutin dan gunakan spare part genuine untuk menjaga kinerja pengereman. Perawatan rutin kendaraan sangat penting, karena menyangkut keselamatan pengendara.
“Bila saat berkendara kompenen rem mengalami overheat, jangan menyiram cakram dengan air, karena dapat menyebabkan perubahan bentuk pada cakram,” ungkap Johannes, Jumat (23/9/2022).
Johannes memberikan beberapa tips untuk menghindari overheat pada rem cakram. Tips pertama adalah pemilihan minyak rem atau oli rem.
Dia menyarankan sebaiknya gunakan minyak rem DOT 3 untuk tipe Non ABS, dan DOT 4 untuk tipe ABS. Ganti minyak rem setiap 2 tahun/24,000 km dan jangan lupa cek kebocoran minyak rem, jika ada kebocoran segera diperbaiki.
Hal kedua yang harus diperhatikan adalah perawatan master dan caliper. Pada master & caliper ada komponen seal sebagai perapat dan pengganti pegas.
Seal ini dapat menjadi keras yang dapat mengganggu kerja piston pada caliper yang dapat menyebabkan cakram menjadi berat sehingga menimbulkan gesekan dan menjadi panas pada cakram. Karenanya, ganti seal bersamaan dengan penggantian minyak rem.
Saran terakhir adalah lakukan penggantian kampas rem bila sudah tipis. Pasalnya kampas rem yang habis atau yang biasanya disebut aus dapat menyebabkan gesekan berlebih dan menimbulkan panas yang dapat menimbulkan overheat pada cakram. (fajar)